Categories



Hallo semuanya, aq mau sharing nich, bukan menggurui, namun berbagi, (kan ada hadits : "sampaikanlah walau satu ayat") tapi nanti kasih komentar yachhh!!!!. Posting kali ini aq mau sharing gimana cara instalasi ubuntu 7.10 atau yang di kenal "GUTSY GIBBON". Sebelumnya qm harus punya kriteria berikut :

1. Komputer

ya iyalah, masa mau nyoba Ubuntu gak pake komputer... , minimal komputer dengan Prosesor Intel Pentium III 1GHz, RAM 256MB, HDD 20GB, dan VGA Card 128MB.

2. CD/DVD Ubuntu

penting juga nih kalo ga ada cdnya gimana mau instal ya gak ? Kalo mau dapatin CD/DVD nya bisa pinjam ama yang punya, Download, Pesan, dll. pinter-pinter aja nyarinya. Dah banyak yang punya kok, kalo mau pesan yang original datang aja ke shipit.ubuntu.com gratis.

3. Koneksi Internet (Ga ada juga ga pa-pa)
ini juga penting, karena untuk menambah paket-paket tambahannya harus ada koneksi internet. Kalo paket-paket tambahannya ga di instal ubuntunya sama sekali ga optimal, (bagaimana jika di rumah ga punya koneksi internet ?) ada alternatif lain, baca selanjutnya :

4.DVD-Room
DVDnya apa aja, kecepatannya berapa aj, yang penting bisa dipake. DVD ini nantinya di pake buat melakukan langkah selanjutnya, Kalau misalnya ga punya koneksi internet, adanya DVD-Room bisa di bilang "sunnah muakkadnya", supaya nanti ubuntu kita jadi lebih wuiihhhh!!!

5. DVD Repository Ubuntu (Alternatif untuk yang ga punya Koneksi Internet)

DVD ini berfungsi sebagai pengganti koneksi internet, untuk menambah paket-paket repository nya harus pake DVD ini, bagi yang ga punya gw bisa sediakan cuma 60ribu (1 CD Ubuntu + 5 DVD Repository) khusus buat yang ada di batam aja, di luar batam ongkos kirimnya di tanggung ndiri.


Trus, gimana cara installnya? untuk instalnya sih gampang, ga ribet-rinet amet kok. ya udah deh langsung aja yachhh!

1. Pastiin dulu boting pertama itu di cd room. Kalau yang keduanya gimana? yang ke-2 bisa dengan harddisk, selanjutnya terserah qm
2. Masukin deh cd ubuntunya, tunggu booting ke cd.



terus loading....

3. Tunggu aja sampae ada tampilan Live CD. Live cd apaan? Live cd itu sytem berjalan di cd, jadi ga ngaruh ke harddisk kita.

4. Double klik, trus nanti ada tampilan pemilihan bahasa, di sini kita akan memilih bahasa yang nantinya akan digunakan sebagai bahasa ubuntu.

5. Langkah ke-2 adalah pemilihan lokasi dan waktu kamu berada

6. Langkah ke-3 adalah pemilihan jenis keyboard kepana harus memilih keyboard? karena eh karena, beberapa negara ada berbeda jenis alphabetnya, contoh Arab, Cina, Jepang dll.

7. Langkah ke-4 adalah pemilihan cara partisi, di sini kita bisa memilih apakah mau di pandu, atau partisi sendiri. oh ya... pemilihan ini menentukan langkah kita selanjutnya.

8. langkah ke-5 adalah..... (kok dari tadi cuma bilang langkah ke.. langkah ke.., ganti dong bahasanya) ya udaah, selanjutnya yaitu langkah pemartisian harddisk, apabila pada langkah sebelumnya kita memilih guide (dipandu), langkah ini akan terlewati, langkah ini akan terlewati jika kita tadi memilih manual. oh ya lupa... kalau sebelumnya komputer kita sudah ada OS-nya, akan ada tambahan langkah yaitu imigrasi user dan setting.

9. Setelah itu, kita diharuskan mengisi nama komputer, user, password, nama login pada langkah ke-6

10. Dan akhirnya proses penginstallan terjadi pada langkah ke-7, disini juga akan ditampilkan informasi-informasi ubuntu yang akan kita install.

11. INSTALLING SYSTEM......... .. .. .. .. .. . . . . . . . .

12. Selanjutnya merestart

13. Trus nanti ada ini loh

Kalau ada, keluarin deh cd ubuntunya
14. Karena sudah di restart, maka komputer kita sekarang sudah dalam keadaan halal alias pake ubuntu, tampilan awal ubuntu itu seperti ini

15. Dan inilah desktop standardnya




1 komentar

  1. Anonim  

    just a test

Posting Komentar

pasang banner milikku

Visitor Map

Visitor Counter

Free Web Hit Counters
.:: BEST VIEWED BY FIREFOX ::.